Kamis, 02 Agustus 2012

BLW -- >> Baby Led Weaning

Entah kenapa saya tiba - tiba pengen review metode BLW...

Berawal dari ketidaktahuan saya apa itu BLW... ?

BLW itu singkatan dari Baby Lead Weaning semacam proses belajar makan pada anak supaya bisa makan dengan mandiri. kalo di BLW ini sistemnya si makanan yang dikasih ke anak TIDAK dalam bentuk pure tapi masih bentuk makanan utuh dan biarkan anak berkreasi sesuak hati pengen makan yang mana. Beda kalo MPASI yang kita kenal selama ini, kita memasak beberapa macam makanan dicampur jadi satu kemudian di bentuk Pure lalu disajikan dan si anak di suapin.

Selama beberapa bulan di awal sekitar umur 6 - 7  - 8   saya masih menggunakan pure dan meyuapi aqila sedikit demi sedikit kalo dia menolak berarti sudah kenyang, tinggal camilan entah buah jus atau biskuit homemade dari situ dia sudah belajar untuk makan sendiri.

9 - 10 - 11 Semakin bertambah bulan semakin bertambah menu makanan yang dicoba tapi tentunya no salt and sugar yaaa.. semakin bervariant pula dan sudah gak begitu perlu makanan pure artinya mulai dicoba agak bertekstur, saat usia2 ini si bayi seneng banged dengan megang - mengang benda gigitin benda.. awalnya kalo buah - buahan saya lebih suka kasih langsung gak pake di jus tapi potong2 dan cuci lalu sajikan dipiring  / mangkok dan biarin dia ngambil sendiri.

Sampai akhirnya Aqila mengenal sendok kemudian Aqila dengan berusaha keras menggunakan sendok itu untuk makan dan memasukkan ke mulutnya. Kadang saya memakai dua sendok satu untuk saya sendiri dan satu untuk Aqila, setiap saya suapin dia menolak tapi dia justru mengambil nasi dengan sendoknya sendiri dan memasukkan kemulutnya.

kemudian saat usia Aqila di 11 bulan kami pulang ke rumah orang tua saya, pas waktunya makan siang  aqila kelihatan menikmati makanannya sendiri dimana di tahap ini sudah gak pake blender2an lagi makanannya sama seperti orang dewasa, dan Ibu saya bilang " Udah biarin aja gak usah ikut2an nyuapin, biarin dia makan sendiri, kalo makan sendiri malah nanti jadi daging, dari pada disaupin malah dia gak mau.. "
Yawda dari situ lah saya selalu membiarkan Aqila makan sendiri tapi dengan tanda kutip di dampingi yaaa bukan artinya di loss gethu aja dia makan kitanya bbm -an *eeehh mohon maap saya gak sempet pegang2 bebe kalo lagi sama aqila apa lai twitteran hihii Fokuus Fokuuss... :)

Balik ke topik tadi, Jadi saat aqila enjoy dengan di makan sendiri si emak nya lah yang kelimpungan dengan bekas - bekas makanan berserakan di mana2. ada sedikit tips disini.. kalau misalnya si baby makannya pake high chair di bawah haigh chair setidaknya kasih lah perlak atau tiker supaya kotoran makanan terkumpul jadi kita mudah di bersihinnya, nah kalo ibu - ibu yang gak pake High Chair mislanya di karpet gethu, kan kalo di karpet sayang yaa kalo makan ikan jadi amis dll, mending diatasnya karpet kasihlah alas perlak atau kain khusus buat toddler makan ya intinya sih biar mudah ngebersihinnya aja. Soalnya pas awal2 kalo Aqila makan sendiri pasti bececeran kasian yang nyapu sama yang ngepel kan butuh istirahat juga, jadi inisiatif saya ya seperti itu..

Oke.. kadang gak gak perlu sampe belajar keluar negeri untuk mengerti sesuatu dari orang tua kita yg hidup di jaman serba sederhana juga banyak ilmu yg tidak jauh berbeda tinggal bagaimana kita menyikapinya saja.

xoxo
Dian Novita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar